Search This Blog

Thursday, August 18, 2011

Mencoba memahami bangsa ini..


Mencoba memahami bangsa ini..



Sejauh pengamatan saya, sebagai seorang rakyat yang hidup dan menjadi bagian dari sebuah bangsa yang BIADAB.



Yang saya pelajari dari Bangsa ini adalah :

1.    Golongan orang Miskin yang BODOH

2.    Golongan orang Kaya yang TAMAK

3.    Dan Golongan Penguasa yang CONGKAK



Orang miskin menyuarakan protes terhadap golongan orang kaya dan golongan penguasa atas segala sesuatu yang dirasa tidak adil bagi mereka. Lantas mereka menggalang kekuatan massa dan mengatasnamakan keadilan yang seolah – olah mewakili serta membawa kepentingan harkat hidup hajat orang banyak untuk menuntut rasa keadilan dengan cara menjual harkat dan martabatnya yang disuarakan dengan lantang sebagai sebuah tujuan yang tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjadi pengemis.

Mentalitas dari golongan orang miskin tidak jauh dari mengemis, meminta, menengadahkan tangan, menghiba, berharap agar golongan orang kaya dan golongan penguasa akan memberikan seuatu yang mereka harapkan. Walau harus mengorbankan jiwa raganya serta menjual harga dirinya demi menjadi seorang miskin bermental pengemis. (Sungguh cita-cita yang sangat mulia secara ironi..)

Selama mentalitas dalam diri orang seperti ini terus lestari maka selamanya mereka akan menjadi golongan orang miskin di dalam kehidupan bangsa ini. Bagaimana tidak miskin kalau cita – cita dan tujuan hidupnya hanya untuk menjadi pengemis, peminta-minta, dan berharap akan pertolongan orang lain yang jelas-jelas tidak akan pernah menjadi jawaban atas penderitaan mereka. (Kasian deh…)

Orang kaya sibuk dengan berbagai macam proyek usahanya dengan cara memeras keringat golongan orang miskin yang dijadikan budak, sebagai sapi perahan, sebagai prajurit pekerja untuk mendukung kerajaan kejayaanya serta sibuk kasak-kusuk meloby sana-sini pada golongan penguasa demi tercapainya keinginan untuk memuaskan hasrat ketamakannya.

Sungguh sangat mengagumkan semangat golongan orang kaya kalau melihat bagaimana mereka berusaha dengan sekuat tenaga dan dengan berbagai macam cara agar dapat mengembangkan kantong-kantong dan pundi-pundi uang yang akan menjaga agar mereka tetap berada pada golongan orang kaya. (Semangat yang perlu di pupuk dan ditiru dalam konteks yang berbeda..)

Golongan Penguasa berjalan congkak dan sombong karena merasa dibutuhkan baik oleh golongan orang miskin maupun golongan orang kaya dalam kehidupan mereka.

Dan golongan penguasa sangat paham dan lihai dalam mengakomodir keinginan golongan orang kaya dan golongan orang miskin. Golongan orang miskin meminta perlindungan kepada para penguasa atas tindakan orang kaya yang aniaya, sementara golongan orang kaya selalu memberikan upeti kepada para penguasa agar dapat meredam gejolak tuntutan dari golonga orang miskin. Dan jangan lupa bahwa golongan orang kaya akan selalu memberikan imbalan upeti kepada kalangan penguasa atas proyek-proyek usaha mereka walaupun pada akhirnya harus mengorbakan keuangan dan merugikan Negara.

(Sungguh malang dan menyedihkan sekali nasib Bangsaku ini…)

No comments:

Post a Comment