Search This Blog

Tuesday, November 27, 2012

Ziarah Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang,
Posisi terletak di belakang Masjid Agung Tuban, masuk dari pojok Alun-alun kota Tuban.

Masjid dari sudut jauh Alun-alun

Setelah menyusuri jalan Pantura tepian bibir pantai utara yang dipenuhi perahu nelayan yang bersandar, sampailah kita di kota Tuban.
Terlihat jelas Masjid Agung Tuban bersebelahan dengan Alun-alun kota Tuban.
Posisi Makam Sunan Bonang kita masuk dari pojok Alun-alun, menyusuri lorong yang dipenuhi oleh pedagang yang menjajakan beraneka jenis dagangan, dari makanan, pernak-pernik, baju, handycraft dan masih banyak lagi. Rapi? Tentu tidak.
Kadang saya berfikir, alangkah baiknya apabila semua tempat Makam para Wali yang kesemuanya merupakan cagar budaya sebaiknya dibuat standarisasi, lingkungan Makam mestinya steril dari hal-hal yang bisa mengotorinya, sehingga akan lebih nyaman apabila dijadikan menjadi sebuah objek Wisata Ziarah.

Pintu Masuk Makam Sunan Bonang


Terlihat dan kental nuansa China ditandai dengan adanya tempelan keramik, mungkin pada masa itu perdagangan dengan pihak China sedang dalam kemajuan, bahkan di Makam Sunan Gunung Jati Cirebon lebih kentara dan kental nuansa etnis China-nya.

Makam Sunan Bonang

Lokasi tempat wudlu yang kuran terawat, baik dari segi kebersihan kondisinya, pas saya kesana jalanan becek dan kotor sekali.
Semoga saja peninggalan bersejarah seperti ini akan terus bisa terjaga kelestariannya, dan semoga pemerintah serta masyarakat setempat dapat merawat dan melestarikan dengan baik, memberi lingkungan yang baik, sehingga membuat nyaman pengunjung atau peziarah yang datang kesana, dan tidak mengesankan jorok atau kotor.

Bagi yang ingin Umroh bersama kami silahkan untuk menghubungi kami di:
Republik Dakwah Tour and Travel
Tlp: 021-7272426
Fax : 021-7866456
Mobile : 08111558169 / 081584197950
Atau silahkan baca artikel kami tentang Bimbingan Haji dan Umroh

No comments:

Post a Comment