Search This Blog

Tuesday, August 27, 2013

Tips memilih Gitar Akustik


Berikut kami sampaikan Tips memilih Gitar Akustik yang baik menurut Matoa Corner;

1. Body

Body finishing terlihat bagus, tiada cacat, tidak ada gelombang pada permukaan depan dan belakang, tidak ada noda dari Cat maupun dari Pernis / Coating, sambungan atau lem-leman rapi. Karena Body Gitar yang baik akan sangat menentukan kualitas suara yang dihasilkan.

2. Neck

Neck hukumnya wajib dan kudu lurus terhadap Senar / Body. Kecuali beberapa model Gitar tertentu ada yang mempunyai Adjuster yang berguna untuk meluruskan Neck sesuai dengan kebutuhan. Lakukan pemeriksaan seperti memeriksa Body di atas. Perhatikan detail sambungan ke Body. Perhatikan sambungan lem ke Fret Board. Besar kecilnya Neck juga harus disesuaikan dengan tangan kita.

3. Fret

Ketinggian Fret wajib rata dari no. 1 sampai no. 19 atau yang paling akhir di dekat lubang Body. Hal ini untuk menghindari suara sember senar Gitar yang disebabkan tergesek Fret yang menonjol karena tidak sama rata ketinggianya. Untuk jarak agak susah mengukurnya mengingat ada perhitungan dan pakem tersendiri untuk masing-masing model dan type, namun bisa di cek dengan cara membunyikan setiap nada pada setiap tingkatan Fret. Akan lebih akurat apabila di cek menggunakan Tuner atau Garpu Tala.

4. Pick Up / Equalizer

Beberapa Gitar Akustik ada yang dilengkapi dengan Equalizer. Nah apabila pilihan Gitar Akustik anda ingin yang menggunakan Equalizer, pastikan bahwa Equalizernya dari merk ternama yang telah teruji, cek apakah berfungsi dan terpasang dengan sempurna, hal ini penting mengingat Equalizer berfungsi untuk memgelola hasil suara Gitar Akustik kita. Beberapa Equalizer disertai dengan Tuner untuk menyetel nada.

5. Softcase / Hardcase

Tempat atau Wadah Gitar kelihatanya sepele namun sebaiknya anda membelinya, karena sangat berguna untuk menyimpan Gitar kita. Ada bermacam dan beragam merk tempat Gitar yang bisa anda dapatkan, namun akan lebih baik apabila anda membeli Hardcase bukan yang Softcase demi menjada Gitar kesayangan anda.

6. Karakteristik

Masing-masing Gitar Akustik tercipta dan memiliki Karakter yang berbeda, namun secara umum pilihlah Gitar Akustik yang memiliki suara nyaring dan bersih. Demikian pula dengan Senar, ada yang String dan ada yang Nylon. Pilihlah dengan cermat sebelum membeli daripada menyesal nanti.

7. Harga

Kalau untuk harga sangat relatif, namun anda harus ingat bahwa harga berbanding lurus dengan kualitas produk, sehingga jangan terkecoh untuk membeli Gitar murah, namun kualitas tidak sesuai dengan harapan. Yang lebih parah lagi banyak sekali Gitar yang dijual dengan harga murah namun sama sekali tidak sesuai dengan pakem atau ketentuan tentang cara membuat Gitar itu sendiri. Menyedihkan sekali rasanya melihat Gitar yang murah meriah namun salah semua untuk komposisinya. Apa jadinya kalau anda membeli Gitar namun ternyata nada yang dihasilkan adalah salah alias Fals?

8. Gitar Custom

Bagi beberapa Pemusik atau Musisi, mereka cenderung membeli Gitar Customize, atau Gitar yang di buat oleh Pengrajin / Pembuat Gitar sesuai dengan Spesifikasi dan Karakter Musisi tersebut. Tidak ada salahnya apabila Pemula pun membeli Gitar Custom sebagai Gitar Perdananya, mengingat Gitar Perdana akan sangat berarti bagi kita dalam belajar musik itu sendiri. Kami dari Matoa Corner siap membuatkan Gitar Customize sesuai dengan permintaan dan Karakter Musik anda.

Demikian Tips memilih Gitar Akustik yang baik dari kami, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment