Search This Blog

Sunday, November 9, 2014

Tips memilih tempat sewa atau rental lighting profesional

Sebagian besar waktu, kinerja yang baik dianggap sebagai faktor kunci yang membuat keberhasilan sebuah panggung pertunjukan. Ada banyak faktor lain yang memainkan peran penting untuk membuat pertunjukan menjadi lebih indah. Salah satu elemen yang paling penting adalah tata cahaya panggung. Ada banyak aturan yang harus di ikuti untuk membuat pencahayaan panggung yang sempurna.

Di atas semua, visibilitas harus menjadi yang utama untuk sebuah pertunjukan. Oleh karena itu, sebuah team desainer rental lighting panggung yang dapat bekerja secara profesional harus dapat memastikan untuk kebutuhan penerangan cayaha panggung yang cukup agar para penonton dapat menangkap dengan jelas setiap moment yang terjadi dari para pemain di atas panggung. Seorang desainer panggung juga harus mengikuti instruksi dari sutradara bagaimana membuat pelaku harus terlihat atau tidak terlihat sesuai dengan kebutuhan, ketika ia bergerak melintasi panggung.


Suasana yang terangsang oleh cahaya panggung juga sangat penting karena dapat menciptakan suasana hati yang berbeda ketika mereka berada dalam suasana yang berbeda dari warna cahaya yang berbeda. Sebagai gambaran, biasanya suasana gelap akan membantu membangkitkan perasaan dingin yang membuat penonton tersentuh. Untuk itulah seorang operator dari team desainer lighting panggung harus mampu bekerja keras untuk menjaga suasana hati yang sedang berlangsung untuk jangka waktu tertentu. Dan ini mungkin lebih sulit daripada menciptakan suasana hati. Perancang cahaya juga harus dapat menjaga suasana hati dari beberapa perubahan warna cahaya tanpa harus disadari oleh penonton.

Fokus dari penataan cahaya memainkan peran penting dalam menarik perhatian penonton. Jika ada begitu banyak pemain di panggung  mereka harus memberikan warna khusus atau lampu sorot yang dapat menarik mata penonton. Perubahan cahaya panggung hanya dibuat untuk itu kinerja. Sehingga dengan cara ini, penonton akan dapat mengikuti perubahan suasana yang sedang berlangsung.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment